Warga Banjarmasin Jangan Kaget, TV Analog Lenyap Nanti Malam

Siaran televisi analog (Analog Switch Off/ASO) dihentikan dan migrasi ke siaran digital pada 2 November 2022 di wilayah Jabodetabek. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Mulai pukul 24:00 waktu setempat nanti malam, masyarakat Banjarmasin tidak akan bisa lagi menonton siaran TV analog. Wilayah Kalimantan Selatan akan sepenuhnya berpindah ke siaran TV digital.

“Pada 20 Maret 2023 pukul 24.00 waktu setempat di wilayah Kalimantan Selatan 1 [Kota Banjarmasin dan 4 Kabupaten/Kota sekitarnya],” kata Direktur Penyiaran Ditjen PPI Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia kepada¬†CNBC Indonesia, Minggu (19/3/2023).

Wilayah yang terdampak program Analog Switch Off (ASO) Kalimantan Selatan-1 terdiri dari Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, dan Kabupaten Tanah Laut.

Jadwal ASO tersebut merupakan kesepakatan antarpihak yakni pemerintah daerah, lembaga penyiaran dan stakeholder terkait. Serta terkait capaian distribusi set-top-box (STB) keluarga miskin per tanggal 18 Maret 2023 lalu.

Dalam kesempatan itu, dia juga menjelaskan Bali dan Sumatra Selatan akan melaksanakan ASO pada 31 Maret 2023 mendatang pukul 24:00 waktu setempat.

Gery juga menjelaskan untuk distribusi STB pada rumah tangga miskin atau RTM wilayah Kalimantan Selatan diperkirakan hari ini akan mencapai 95%. Untuk Bali dan Sumatera Selatan masing-masing distribusinya 80% dan 87%.

Salah satu hambatan distribusi pada wilayah tersebut adalah cuaca ekstrem. Namun menurut Gery, tantantang itu tak mengubah fokus persiapan program ASO.

“Karena posko bantuan juga akan disiapkan sebagaimana pelaksanaan ASO di kota-kota lain sebelumnya untuk RTM [Rumah Tangga Miskin] yang memenuhi kriteria dan belum mendapatkan STB,” ungkapnya.

Masyarakat non-miskin diminta untuk menyiapkan STB jika TV yang dimiliki masih analog. Dengan begitu, saat siaran analog telah dimatikan tidak akan ada antrean pembelian STB.

“Supaya tidak terjadi antrian pembelian STB pada saat siaran analog di hentikan di lokasi-lokasi tersebut,” jelas Gery.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*