Soal Ini Warga RI Paling Kecanduan, Nomor Satu di Dunia

A man with headphones looks at his mobile phine at the IFA consumer electronics fair in Berlin, Germany, September 4, 2019. REUTERS/Hannibal Hanschke

Masyarakat Indonesia ternyata penduduk yang paling kecanduan bermain HP di dunia. Bahkan bisa menghabiskan lebih dari 5 jam per hari pada perangkat mobile.

Dalam laporan data.ai berjudul State of Mobile 2023, masyarakat Indonesia menghabiskan 5,7 jam per hari dengan gadget nya sepanjang 2022. Capaian ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dengan rata-rata 5,4 jam per hari.

Ternyata ketergantungan pada HP ini mulai memuncak selama pandemi Covid-19 sejak 2022 lalu. Tiga tahun lalu, masyarakat Indonesia mulai menghabiskan waktu lebih dari 5 jam per hari.

Padahal pada era sebelum pandemi, masyarakat hanya menghabiskan waktu 3,9 jam per hari di tahun 2019, dirangkum Senin (20/3/2023).

Namun kecanduan pada HP ini juga terjadi di beberapa negara. Masyarakat Brasil, Arab Saudi, Singapura, dan Korea Selatan juga tercatat menghabiskan waktu 5 jam perhari pada perangkatnya selama tahun 2022.

Namun dalam laporan lain dari McGill University Kanada, masyarakat Indonesia tak masuk dalam kategori kecanduan smartphone. Penelitian itu memasukkan 20 negara dengan penduduk yang disebut kecanduan HP.

Penelitian itu menggunakan hampir 35 ribu orang pada 24 negara dalam rentang 2014-2020. Melansir GizChina, peringkat pertama ditempati China dan diikuti oleh Arab Saudi.

Hanya ada satu negara Asia Tenggara yang masuk dalam laporan tersebut. Yakni Malaysia yang menempati peringkat ketiga setelah China dan Arab Saudi.

Malaysia disebut memiliki penambahan smartphone tinggi. Sebagian besar pengguna HP dilaporkan menggunakan ponsel Android, khususnya Samsung dan Huawei. Namun Apple juga memiliki basis pengguna yang baik di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*