Sering Disepelekan, Ini 9 Gejala Kanker Serviks Stadium Awal

Seorang wanita berjalan melewati mural yang menggambarkan orang-orang yang mengenakan masker untuk menciptakan kesadaran tentang virus corona Covid-19 di Mumbai pada 8 Juni 2022. (AFP via Getty Images/PUNIT PARANJPE)

Banyak wanita sering mengabaikan kesehatan organ reproduksi kewanitaan sangat rentan terinfeksi penyakit. Bukan tidak mungkin mereka bisa terserang berbagai jenis kanker seperti serviks.

Sayangnya, banyak wanita yang tidak menyadari atau menyepelekan gejala kanker pada organ vitalnya itu. Berikut adalah beberapa gejala kanker serviks stadium awal yang patut diperhatikan.

1. Pendarahan Tidak Normal
Gejala kanker serviks stadium awal yang biasa ditemui adalah pendarahan vagina yang tidak normal. Pendarahan itu bisa muncul setelah berhubungan intim, saat bukan waktunya haid dan setelah mencapai menopause.

Karena bisa muncul di antara periode haid, banyak wanita yang mengira mereka sedang mengalami siklus haid yang tidak teratur. Jumlah pendarahannya juga lebih banyak dibandingkan saat haid sehingga membuat masa menstruasi menjadi lebih lama.

2. Keputihan Tidak Biasa
Keputihan merupakan sesuatu yang normal. Tapi ada saatnya keputihan menjadi tidak normal dan menandakan ada yang tidak beres dengan kesehatan kalian. Keputihan yang normal harusnya tidak berwarna dan tidak memiliki bau apa pun.

Tapi, jika keputihan kalian memiliki warna yang tidak biasa, aromanya menjadi tidak sedap serta teksturnya berubah, bisa menandakan gejala kanker serviks. Keputihan tidak normal ini juga bisa disebabkan oleh penyakit lain, sehingga lebih baik untuk segera dikonsultasikan ke dokter.

3. Rasa Sakit Saat Berhubungan Intim
Rasa sakit di panggul yang muncul saat berhubungan intim merupakan salah satu gejala kanker serviks yang harus diwaspadai. Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami gejala seperti ini untuk memastikan apakah ini tanda kanker serviks atau penyakit lainnya.

4. Sembelit
Sembelit atau konstipasi merupakan salah satu gejala kanker serviks yang sudah memasuki stadium lanjut. Gejala itu muncul ketika kanker serviks telah menyebar hingga usus besar.

5. Munculnya Darah di Urin
Gejala kanker serviks stadium lanjut lainnya adalah munculnya darah di urin atau hematuria. Jika mengalami hal ini saat buang air kecil, segera periksakan diri ke dokter.

6. Sering Buang Air Kecil
Jika kalian sering merasa sakit saat buang air kecil atau tidak bisa menahan keinginan untuk ke kamar kecil bisa jadi hal ini karena gejala kanker serviks. Kondisi tersebut muncul karena sel kanker telah menyebar hingga kandung kemih.

7. Kaki Bengkak
Jika kanker serviks telah mencapai stadium lanjut biasanya menimbulkan komplikasi. Salah satunya adalah pembengkakan di bagian kaki.

Kondisi itu mungkin terjadi ketika sel kanker menekan pembuluh darah di panggul sehingga menghambat sirkulasi ke kaki. Akibatnya, terjadi penumpukan cairan di kaki yang membuatnya menjadi bengkak.

8. Vagina berdarah selama pemeriksaan panggul
Vagina mengalami pendarahan selama pemeriksaan panggul juga bisa menjadi salah satu gejala kanker serviks. Jika mengalami hal ini segera periksa ke dokter.

9. Haid yang sangat sakit atau berlangsung lebih lama dibandingkan biasanya
Nyeri haid (dismenore) adalah kondisi normal yang hampir pasti dialami wanita tiap bulannya. Kondisi ini terjadi ketika rahim berkontraksi untuk meluruhkan lapisannya yang telah menebal. Namun jika haid begitu terasa sakit dan berlangsung lama Anda patut curiga dan periksa ke dokter terkait.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*