Rawan Kecelakaan, Ini Titik yang Diwaspadai Serta Baliho Imbauan Polres Padangsidimpuan

PADANGSIDIMPUAN-Untuk menekan angka kecelakaan, Satuan Lalu Lintas polres Padangsidimpuan memasang sejumlah baliho imbauan agar pengendara berhati-hati saat melintasi di lokasi rawan kecelakaan diberbagai lokasi di kota Padangsidimpuan, Kamis 22/2/2024).

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Dudung Setyawan SH, S, IK, MH Melalui Kasat lantas AKP RP Pasaribu mengatakan pemasangan baliho bertujuan agar para pengguna jalan atau pengendara selalu berhati-hati dalam berkendara, khususnya di jalur yang rawan kecelakaan seperti di jalan Sudirman simpang rumah Sakit TNI AD losung Batu, Jalan tanjakan Simirik, Kecamatan Padangsidimpuan batunadua, Jalan By Pass Kota Padangsidimpuan.

“Pemasangan baliho imbauan ini bertujuan untuk mengingatkan para pengendara yang khususnya melintas khusus nya dijalinsum Simirik dikarenakan jalur tersebut sangat rawan kecelakaan lalu lintas,” ujar AKP RP pasaribu kepada wartawan.

Dikatakan kasat lantas yang didampingi Kanit Kamsel Ipda Andi Situmorang SH , bahwa jalur Simirik atau by Pass ini, sering terjadi kecelakaan, mengingat jalannya licin dan rusak saat musim hujan dan banyak turunan tajam serta tikungan

“Melintasi jalur Simirik dan by Pass rawan kecelakaan jika tidak berhati-hati dan tak mengenal medan, akan sangat berbahaya kerena di jalur ini banyak turunan dan tikungan sehingga sering terjadi kecelakaan,” apalagi di musim Hujan karena Jalur pelintasan Mobil besar dan jalur Padat kendaraan ,Terangnya

Akp Rp Pasaribu juga mengingatkan sebelum melakasanakan perjalanan bagi warga yang hendak bepergian dan melintasi jalur rawan kecelakaan diharapkan agar dicek dulu kelayakan kendaraannya.

Selain itu pihaknya juga tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi aturan dan mengenakan perlengkapan keselamatan saat berkendara di jalanan.

Untuk lebih mengingatkan masyarakat terhadap aturan keselamatan berlalu lintas, jajaran Satlantas polres Padangsidimpuan mengadakan giat kampanye untuk mengenakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi warga sejak dini dan pengendara sepeda motor di wilayah hukum polres Padangsidimpuan.

Kasat Juga berharap agar pengendara yang tidak menggunakan helm diberikan teguran oleh pihak kepolisian dengan melakukan razia.

Dalam setiap kesempatan Kasat lantas polres Padangsidimpuan bersama Personil selalu mengingatkan masyarakat agar lebih menyayangi dirinya saat berkendara sepeda motor dengan
menggunakan helm SNI saat terjadi kecelakaan setidaknya bisa menjadi pelindung yang kuat di bagian kepala.

“Jika tidak standar, kita ketahui sendiri bagaimana kekuatannya untuk melindungi kepala pengendara dari benturan saat terjadi kecelakaan,” terangnya.

AKP RP Pasaribu memberitahu, helm bukanlah sekedar perlengkapan orang ketika berkendara, namun helm lebih kepada pakaian bagi pengendara baik sepeda motor maupun sepeda angin.

Inilah pemikiran yang harus menjadi dasar agar seseorang tersebut tidak melupakan helm saat berkendara.

“Sering kita jumpai fatalitas korban laka yang cukup tinggi alias parah luka yang ditimbulkan karena tidak mengenakan helm ber-SNI. Maka helm sekarang adalah penyelamat kita saat berkendara,”terangnya..

“Jadi kepada masyarakat lanjut kasat , saya mengimbau untuk lebih berhati-hati disaat berkendara, patuhi aturan yang ada dan kenakan helm SNI, seperti engkau menggunakan pakaian disaat kemana-mana begitu juga saat berkendara,” tutupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*