Orang Ini Jadi Raja Susu RI, Hartanya Rp 26,94 T

Bambang Sutantio. (Cimori)

Siapa sangka, hasil menggadaikan ruko milik orang tua bisa mendatangkan nasib mujur bagi pendiri PT Cisarua Mountain Dairy Tbk (CMRY). Kini, produknya yang bermerek dagang Cimory telah jadi konsumsi sehari-hari banyak orang.

Adalah Bambang Sutantio, pendiri perusahaan manufaktur dan distributor olahan susu Cimory Group. Ia ‘memerah’ pundi-pundi https://www.rtpbengkel138.online/ hartanya hingga mencapai kekayaan sebesar US$1,8 miliar atau sekitar Rp26,94 triliun per Jumat, (19/5/2023).

Kini namanya berjejer dalam daftar orang terkaya di Indonesia, bahkan masuk ke jajaran orang terkaya nomor 24 di tahun 2022 lalu.

Perjalanan bisnis susu Bambang Sutantio dimulai dari garasi rumah dan restoran milik keluarganya pada 1992. Garasi tersebut berlokasi di Cisarua, Bogor.

Dikutip dari beberapa sumber, Bambang dikatakan hanya memiliki modal Rp150 juta dari hasil kredit usaha kecil menengah. Lalu, dirinya membuka usaha yakni bisnis bumbu dan juga peralatan industri. Dalam perjalanannya, ia lebih memfokuskan bisnisnya menjadi perusahaan produksi Yoghurt.

Saat itu, ia kesulitan untuk mendapatkan kredit UMKM. Maka, ia mengorbankan sebuah ruko yang dimilikinya saat itu. Bambang menjaminkan ruko tersebut itu darihasil ia menggadaikan rumah orang tuanya.

Baru pada 2206, Cimory resmi berdiri sebagai sebuah perusahaan. Pada saat itu, pabrik susu Cimory menggandeng para peternak sapi perah Cisarua yang tergabung dalam Koperasi Produsen Susu (KPS) Giri Tani.

Hadirnya Cimory memberi dampak baik bagi para peternak. Pasalnya, saat itu harga susu di banderol rendah karena kualitas dianggap tidak baik. Namun, saat Cimory hadir, peternak malah berlomba meningkatkan kualitas susunya agar bisa dibeli Cimory dengan harga tinggi.

Seiring perkembangan bisnis, singkat cerita, Sutantio membawa Cisarua Mountain Dairy melantai di bursa pada bulan Desember 2021. Aksi IPO tersebut mendulang dana segar hingga US$200 juta atau Rp2,99 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*