Kabar Duka: Mantan Gubernur Sumbar Azwar Anas Meninggal Dunia

Ilustrasi duka cita (Freepik)

Tokoh nasional yang juga Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) periode 1977-1987, Azwar Anas, meninggal dunia pada Minggu, (5/3/2023). Almarhum meninggal pada usia 89 tahun.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Azwar dilaporkan menderita sakit. Ia juga sempat menerima perawatan di ruang CICU di RSPAD Gatot Soebroto sejak dua bulan lalu.

“Telah berpulang ke Rahmatullah mantan Gubernur Sumbar, Menhub RI, Menko Kesra RI, Letjen. TNI (Purn). Ir. H. Azwar Anas. Dt. Rajo Sulaiman di RSPAD Gatot Soebroto. Jakarta. Pada hari ini, Minggu 5 Maret 2023. jam 11.45 WIB,” ujar informasi dari pesan singkat yang diterima CNBC Indonesia.

Azwar Anas lahir di Padang pada 2 Agustus 1933. Ia kemudian bergabung dengan TNI Angkatan Darat pada tahun 1960. Selama karir militernya, ia berhasil memperoleh pangkat hingga Letnan Jenderal (Letjen).

Selain menjadi petinggi TNI AD dan Gubernur Sumbar, Azwar Anas juga sempat menduduki posisi kabinet sebanyak dua kali. Pada tahun 1988 hingga 1993, Azwar menduduki posisi Menteri Perhubungan (Menhub). Lalu, pada 1993 hingga 1998, Ia menjadi Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra).

Di luar dunia pemerintahan dan ketentaraan, Azwar juga pernah menjadi Direktur Utama (Dirut) Semen Padang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*