Ditemukan Sex Toy Kuno dari Zaman Romawi, Begini Bentuknya

Benda kayu yang ditemukan di benteng Romawi di Tembok Hadrian di Inggris mungkin adalah mainan seks abad ke-2. (Instagram @officialvindolandatrust)

Para peneliti telah menemukan sebuah artefak bersejarah dengan bentuk yang aneh. Temuan itu berupa sex toy atau mainan seks berbentuk kayu.

Benda tak lazim itu ditemukan di Vindolanda, benteng Romawi di selatan Tembok Hadrian di Inggris utara. Para peneliti meyakini bahwa benda kayu tersebut adalah sex toy atau mainan seks yang berasal dari abad ke-2.

Mulanya, para ahli mengira benda berukuran 16 cm itu mungkin adalah alat untuk menjahit. Namun, analisis baru mengisyaratkan bahwa objek kayu itu berukuran sama dengan penis manusia.

Dalam studi baru mereka, para ahli di Universitas Newcastle dan University College Dublin mempertanyakan apakah benda kuno itu benar-benar mainan seks.

“Ukuran dan fakta bahwa benda itu diukir dari kayu memunculkan sejumlah pertanyaan tentang penggunaannya,” kata Dr Rob Collins, dosen senior arkeologi di Universitas Newcastle, salah satu penulis studi tersebut, seperti dikutip BBC.

Ketika mereka menganalisisnya, mereka menemukan kedua ujung objek terasa lebih halus, menunjukkan penggunaan berulang dari waktu ke waktu. Ini menunjukkan bahwa benda kayu itu mungkin digunakan lebih intim.

Mengingat ukurannya yang realistis, para peneliti berpikir bahwa objek kayu tersebut mungkin telah digunakan untuk lebih dari sekadar mencegah kesialan.

Orang Romawi kuno dan alat-alat berbentuk penis

“Kita tahu bahwa orang Romawi dan Yunani kuno sering menggunakan alat seksual – objek dari Vindolanda ini bisa menjadi salah satu contohnya,” Collin.

Obyek berbentuk alat kelamin adalah hal biasa pada zaman Kekaisaran Romawi karena diyakini memberi perlindungan dari nasib buruk.

Banyak penis yang digambarkan dalam karya seni, diukir menjadi tembikar atau versi kecil, bahkan sering dipakai sebagai liontin perhiasan.

Meski teori utama peneliti adalah bahwa objek itu digunakan sebagai mainan seks, mereka mengatakan ada beberapa kemungkinan lain. Benda itu mungkin telah digunakan sebagai alu untuk menggiling bahan kosmetik atau obat-obatan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*