‘Bos’ Bjorka Ditangkap FBI, Hacker Lain Muncul Jadi Bandar

Screenshot Akun Bjorka

Pengelola forum hacker BreachForums tempat Bjorka menjajakan data curian ditangkap oleh FBI. Rumah pemilik akun “Pompompurin” tersebut di negara bagian New York, Amerika Serikat, digeledah.

BreachForums adalah sumber utama kebocoran data pribadi milik ratusan juta orang di seluruh dunia. Hacker Bjorka adalah salah satu anggota yang aktif di forum ini dan berkali-kali membuat heboh karena menjual data pribadi milik warga Indonesia.

Menurut dokumen pengadilan, Pompompurin ditangkap pada 15 Maret 2023 dengan tuduhan konspirasi mengajak orang untuk mengakses peralatan milik orang lain tanpa izin.

Agen FBI bernama John Longmire mengatakan, saat ditangkap, pria yang bernama asli Connor Brian Fitzpatrick tersebut mengakui bahwa ia adalah pemilik forum BreachForums.

“Ia menyatakan kepada saya secara substansif dan sepotong-sepotong bahwa: a) namanya adalah Conor Brian FitzPatrick; b) ia menggunakan alias Pompourin, dan c) ia adalah pemilik adan pengelola BreachForums,” kata Longmire dalam laporannya.

Fitzpatrick kemudian dilepas pada Kamis dengan jaminan US$ 300.000 yang dibayar oleh orang tuanya. Ia dijadwalkan memberikan kesaksian di pengadilan pada 24 Maret 2023.

Menurut HackerNews, stasiun televisi lokal melaporkan penggeledahan di sebuah rumah di negara bagian New York. “Penyelidik terlihat membawa beberapa kantong barang bukti dari rumah tersebut,” kata reporter di stasiun TV News 12 Westchester.

Dalam jaminan bebas bersyarat ,selain dilarang memiliki paspor, Fitzpatrick juga dilarang untuk menghubungi rekannya dan menggunakan narkotika.

Nama BreachForums muncul dalam tiga bulan setelah forum hacker RaidForums dibubarkan oleh penegak hukum pada Maret 2022.

Dalam aktivitasnya di BreachForums, Bjorka pernah berusaha menjual data pribadi yang diklaim didapatkan dari registrasi SIM prabayar, BPJS Kesehatan, hingga PeduliLindungi.

Warga RI juga sempat heboh oleh tindakan Bjorka membocorkan data pribadi milik pejabat pemerintah, data KPU, hingga daftar judul surat menyurat Presiden Jokowi.

Setelah kabar penangkapan Fitzpatrick, anggota forum bernama Baphomet menyatakan ia mengambil alih kepemilikan situs web BreachForums. Ia juga memastikan bahwa tidak ada perubahan akses atau modifikasi dalam infrastruktur forum hacker tersebut.

“Satu-satunya respons saya ke [penegak hukum], atau media, adalah saya tidak cemas [atas keselamatan diri sendiri]. OPSEC [keamanan operas] adalah fokus saya dari hari pertama, untungnya saya tidak berpikir akan ada singa gunung menyerang saya di perahu kecil milik saya,” kata Baphomet.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*