Bahaya! Segera Setop Kebiasaan Tidur di Dekat HP

Pengunjung memeriksa iPhone 14 Pro baru selama acara khusus Apple di Cupertino, California, Amerika Serikat, Rabu (7/9/2022).  CEO Apple Tim Cook meluncurkan iPhone 14 baru serta versi baru Apple Watch, termasuk Apple Watch SE, versi murah dari arloji populer yang akan dijual mulai dari $249. (Foto oleh Justin Sullivan/Getty Images)

Handphone (HP) sudah menjadi adiksi bagi sebagian besar manusia modern, terlebih banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari dapat diakses dan diselesaikan melalui sentuhan layar HP. Akibat ketergantungan tersebut, tak jarang orang terus-terusan menggunakan HP dari bangun hingga menjelang tidur.

Banyak orang yang meletakkan HP-nya di bawah bantal saat tidur atau setidaknya tidur berdampingan dengan HP di sebelahnya. Hal itu dilakukan dengan alasan agar dering alarm terdengar jelas hingga memudahkan untuk memeriksa HP setelah bangun tidur. Padahal, tidur dengan posisi yang berdekatan dengan HP bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Lalu, benarkah tidur di dekat HP bisa memicu tumor otak?

Potensi terjadinya tumor otak akibat sering tidur dekat HP masih menjadi perdebatan di kalangan medis. Melansir dari Mayoclinic, hingga saat ini masih belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa HP secara langsung dapat menyebabkan tumor otak.

Namun, Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) yang merupakan bagian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengklasifikasikan medan elektromagnetik yang dihasilkan oleh HP sebagai potensi karsinogenik atau dapat jadi penyebab kanker bagi manusia. Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut terkait hal ini masih dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*