25 Tanda Kehamilan yang Penting Diketahui, Catat ya Bun!

Ilustrasi Wanita Hamil (Photo by Juan Encalada on Unsplash)

Minggu pertama kehamilan sering tidak disadari karena tubuh jarang menunjukkan perubahan yang signifikan. Tapi ternyata, tetap terjadi transformasi meski tidak terlihat.

Salah satu tanda hamil muda yang mudah disadari adalah adanya telah menstruasi. Namun, telat menstruasi tidak selalu berarti hamil. Hanya dengan tes kehamilan, tes darah atau pemindaian ultrasound yang bisa memastikan kehamilan sang ibu.

Kehamilan bisa terdeteksi secara akurat oleh alat setidaknya setelah 10 hari telat menstruasi. Waktu paling tepat untuk melakukan cek kehamilan adalah di pagi hari karena hormon hCG sedang dalam fase tinggi.

Pada minggu pertama, kehamilan belum benar-benar terjadi karena kehamilan dihitung selama empat minggu sejak hari pertama haid terakhir (HPHT). Kehamilan akan terjadi apabila sel telur dari ovarium sudah terlepas yang biasanya terjadi pada akhir minggu ke-2 atau awal minggu ke-3.

Tanda-Tanda Hamil Muda

Tanda kehamilan muda bisa dilihat dari siklus menstruasi. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mencatat tanggal awal menstruasi setiap bulannya. Sayangnya, mungkin tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur.

Ada beberapa tanda-tanda hamil muda yang sebenarnya sama dengan gejala ketika mendapatkan siklus menstruasi di hari pertama. Adapun tanda-tanda yang bisa Anda perhatikan adalah sebagai berikut:

1. Mual dengan atau tanpa Muntah

Hormon progesteron dapat melemahkan sfingter esofagus, sehingga sangat memungkinkan apabila cairan lambung mengalir ke atas kerongkongan dan menyebabkan rasa mual pada ibu yang hamil muda.

2. Morning Sickness

Morning sickness ditandai dengan rasa mual yang datang pada pagi hari. Mual di pagi hari memang sering menjadi tanda-tanda bahwa wanita sedang hamil muda. Wanita yang sedang hamil bisa mengalami rasa mual kapan saja, bahkan sepanjang hari.

Namun biasanya rasa mual akan menjadi lebih parah di pagi hari. Hal ini biasanya mulai terjadi sekitar minggu ke-6 dan akan mereda saat kehamilan berlangsung. Sekitar 50%-80% wanita mengalami mual di pagi hari saat hamil muda.

3. Perut Kembung

Perut kembung bisa menjadi salah satu tanda-tanda hamil muda. Sama halnya dengan mual, perut kembung juga disebabkan oleh peningkatan kadar progesteron yang dapat memperlambat proses pencernaan dan menyebabkan perut kembung.

Kembung saat hamil muda biasanya diikuti dengan kentut serta bersendawa yang disebabkan oleh hormon progesteron dan memperlambat pencernaan. Tapi, kembung bisa terjadi juga karena ada masalah pencernaan lainnya.

4. Sakit Kepala dan Pusing

Jika Anda sering sakit kepala dan merasa pusing, bisa berarti itu adalah tanda-tanda kehamilan muda karena hormon seks wanita seperti hormon estrogen dan progesteron sedang menyiapkan rahim untuk sang bayi.

Peningkatan kadar darah dan perubahan hormon tersebut bisa menyebabkan rasa sakit kepala dan pusing saat sedang dalam keadaan hamil muda.

5. Payudara Bengkak dan Sensitif

Tanda-tanda hamil muda yang sering terjadi adalah payudara yang lebih bengkak dan sensitif dikarenakan adanya fluktuasi hormon pada tubuh. Ketidaknyamanan ini akan mereda dalam beberapa minggu setelah tubuh berhasil menyesuaikan diri dengan perubahan hormon.

Perubahan payudara juga bisa terjadi saat menstruasi atau PMS. Tetapi pada wanita yang hamil muda mungkin akan lebih parah.

6. Areola Payudara Lebih Gelap

Ciri hamil muda bisa dilihat dari lingkaran di sekitar puting susu atau areola menjadi lebih gelap dan bertambah diameternya beberapa minggu setelah terjadi pembuahan. Wanita yang sedang hamil juga bisa melihat benjolan kecil mirip areola di sekitarnya (kelenjar yang akan melumasi puting saat menyusui).

7. Terdapat Bercak Darah

Tidak semua ibu hamil mengalami tanda-tanda ini. Tapi ada beberapa yang mengalami munculnya bercak darah saat kehamilan muda. Bercak darah tersebut dikenal sebagai pendarahan implantasi yang terjadi ketika telur yang dibuahi ditanam ke lapisan rahim. Ini akan terjadi sekitar 10 sampai dengan 14 hari atau 1 hingga 2 minggu setelah pembuahan.

8. Sering Buang Air Kecil

Tanda-tanda hamil muda selanjutnya bisa dilihat dari peningkatan intensitas buang air kecil. Hal itu disebabkan karena adanya peningkatan kadar darah yang menyebabkan ginjal akan menyaring lebih banyak cairan. Hal tersebut memicu adanya peningkatan intensitas buang air kecil pada ibu hamil muda.

9. Mudah Lelah

Adanya peningkatan pada kadar hormon progesteron dapat membuat wanita yang sedang hamil muda akan merasa lelah. Tubuh juga menjadi lebih lelah karena harus bekerja lebih untuk memenuhi kebutuhan sang janin di dalam kandungan.

Jadi, jika Anda berencana untuk hamil, silahkan konsultasi dengan dokter dan minum vitamin prenatal. Hindari minuman atau makanan tertentu dan tidur teratur untuk melawan kelelahan pada tubuh. Perlu dicatat, kelelahan juga bisa disebabkan akibat masalah kesehatan lain seperti anemia.

10. Terjadi Perubahan Suasana Hati

Perubahan suasana hati sangat mungkin terjadi selama masa kehamilan. Jika Anda merasakan hal tersebut, bisa jadi Anda sedang mengalami masa hamil muda. Perubahan emosi terjadi akibat adanya perubahan hormon di dalam tubuh.

Perubahan hormon pada ibu hamil memang bisa berdampak buruk pada kesehatan mentalnya. Jika hal ini terus terjadi, alangkah lebih baik langsung konsultasi dengan dokter kandungan Anda.

11. Sembelit

Fluktuasi hormon pada tubuh wanita yang sedang hamil muda menyebabkan perlambatan pada proses pencernaan, sehingga makanan akan bergerak secara perlahan di dalam saluran cerah. Jadi, tidak jarang ibu hamil akan mengalami sembelit.

12. Sakit atau Kram Perut

Selanjutnya, wanita yang sedang hamil muda biasanya akan mengalami sakit atau kram pada bagian uterus. Hal ini bisa saja dialami pada ibu hamil. Namun tidak semua wanita yang sedang hamil muda mengalami kram uterus.

13. Sakit pada Punggung Bagian Bawah

Beberapa wanita yang sedang hamil muda mengalami rasa sakit pada punggung bagian bawah. Tanda-tanda hamil muda ini bisa saja lebih terasa ketika kehamilan berlanjut. Implantasi kram, kembung dan sembelit bisa menjadi alasan wanita hamil mengalami nyeri punggung.

Posisi tidur Anda juga bisa menjadi penyebab munculnya rasa sakit pada punggung. Hindari untuk mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas karena obat-obat tersebut bisa jadi berbahaya bagi wanita yang sedang menjalani masa kehamilan muda.

14. Tumbuh Jerawat

Saat kadar hormon tidak stabil dan naik saat hamil muda, tingkat androgen pun ikut meningkat, sehingga menyebabkan kelenjar sebaceous mengeluarkan lebih banyak minyak dan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori.

Hal tersebut tentu dapat mengundang pertumbuhan bakteri pada wajah. Oleh karena itu, wajah akan lebih sensitif dan menimbulkan jerawat selama masa-masa kehamilan sang ibu.

15. Pregnancy Glow

Bukan hanya membuat kulit jadi berjerawat, ternyata tanda-tanda hamil muda yang ditunggu-tunggu oleh para ibu adalah pregnancy glow yakni di mana kulit ibu hamil muda akan terlihat semakin cerah. Hal ini disebabkan karena masuknya hormon yang menyebabkan peningkatan volume darah.

Kelenjar kulit akan mengeluarkan lebih banyak minyak yang menjadi pelembab alami pada kulit. Jadi, minyak tersebut bisa membuat kulit semakin sehat atau justru jika berlebihan dapat mendorong pertumbuhan jerawat.

16. Perubahan Makan

Tanda-tanda hamil muda bisa dilihat dari munculnya perubahan keinginan makan, seperti ingin memakan makanan tertentu yang sering kali disebut dengan ngidam atau tidak ingin memakan makanan tersebut karena aromanya.

Hal tersebut bisa terjadi karena adanya perubahan hormon pada tubuh wanita hamil. Perubahan ini adalah hal wajar pada awal kehamilan yang biasanya juga dilengkapi dengan rasa mual. Beberapa ibu hamil akan mendapatkan kembali nafsu makan mereka ketika trimester kedua atau ketiga.

17. Sensitif terhadap Wangi-Wangian

Orang yang sedang mengalami menstruasi biasanya akan memiliki penciuman yang lebih tajam. Begitu pun dengan ibu hamil. Biasanya, mereka akan mengalami peningkatan pada indera penciuman.

Sensitivitas tersebut terjadi karena adanya peningkatan pada kadar estrogen di dalam tubuh. Jadi, jika Anda mengalami hal tersebut, merasa lebih sensitif terhadap bau tertentu, bisa jadi itu adalah tanda-tanda hamil muda.

18. Adanya Perubahan Rasa pada Lidah

Sering merasa makanan berubah rasa dan menjadi tidak enak? Bisa jadi Anda sedang berada pada fase kehamilan muda. Perubahan hormon di dalam tubuh akan memperlambat fungsi pencernaan, sehingga menyebabkan adanya perubahan rasa selama fase awal kehamilan. Hal ini akan menghilang sendirinya setelah tingkat hormon kembali normal.

19. Jantung Berdetak Lebih Kencang

Tanda-tanda hamil muda selanjutnya yang dijelaskan langsung oleh Harvard University adalah detak jantung yang terasa lebih cepat. Hal tersebut disebabkan karena permintaan oksigen dan nutrisi di dalam tubuh meningkat.

Jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke janin. Alhasil, ibu hamil akan mengalami peningkatan pada denyut jantung.

20. Mengalami Sesak Napas

Wanita yang sedang hamil muda bisa merasakan sesak napas pada usia kehamilan di minggu pertama. Karena tubuh akan membutuhkan lebih banyak asupan oksigen dan darah untuk dialirkan ke janin yang ada di rahim.

Rasa sesak napas mungkin bisa berlanjut sepanjang masa kehamilan, karena bayi yang tumbuh akan memerlukan oksigen dan nutrisi yang meningkat juga. Untuk membantu gejala ini, Anda bisa melatih pernapasan.

Selain itu memiliki rutinitas olahraga juga sangat bagus untuk mengurangi rasa sesak napas. Silahkan duduk pada posisi tubuh yang benar dan gunakan pakaian yang longgar agar bisa membantu sirkulasi pernapasan Anda.

21. Pigmentasi Kulit Meningkat

Perubahan menonjol lainnya yang menjadi tanda-tanda kehamilan muda dapat dilihat dari pigmentasi kulit, yakni adanya penggelapan garis yang membentang dari bawah pusar ke tulang kemaluan atau yang disebut dengan linea nigra.

Masa-masa kehamilan juga bisa mendorong hadirnya bercak-bercak gelap atau flek hitam yang muncul di sekitar wajah ibu hamil.

22. Sulit Tidur

Tidak sedikit wanita hamil mengalami insomnia. Hal ini juga menjadi ciri-ciri hamil muda yang bisa berlanjut selama masa kehamilan. Mandi malam hari dengan air hangat mungkin dapat membantu mengurangi masalah kesulitan tidur pada wanita hamil.

Jika terjadi secara terus-menerus dan semakin merasa sulit untuk mengatur rutinitas tidur yang baik, silahkan langsung kunjungi dokter kandungan Anda.

23. Sering Haus

Wanita yang hamil muda biasanya akan mudah merasa haus karena adanya peningkatan volume darah dan buang air kecil yang berlebihan. Oleh karena itu, tanda-tanda hamil muda salah satunya bisa dilihat dari Anda yang akhir-akhir ini merasakan sering haus.

24. Suhu Tubuh Tinggi

Suhu tubuh tinggi bisa menjadi salah satu tanda kehamilan. Namun, bukan berarti terjadi demam pada tubuh. Yang dimaksud dari suhu tubuh tinggi ini adalah kenaikan suhu internal tubuh saat baru bangun pagi.

Suhu tubuh saat bangun tidur di pagi hari disebut sebagai Suhu Tubuh Basal atau BBT. Suhu ini akan naik setelah ovulasi karena adanya peningkatan progesteron di dalam tubuh. Hal ini biasanya berlangsung selama 18 hari atau lebih.

25. Mengalami Rambut Rontok

American Pregnancy Association menyebutkan bahwa rambut rontok bisa menjadi salah satu tanda kehamilan yang umum terjadi. Sekitar 40%-50% wanita hamil akan mengalami rambut rontok.

Jika Anda mengalami tanda tanda hamil muda seperti yang disebutkan di atas, baiknya segera melakukan tes kehamilan menggunakan test pack. Alat tersebut mampu memastikan kehamilan lebih awal dengan akurasi sekitar 97%-99%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*